Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online Jenis Jenis Kertas dan Kegunaanya Jenis Jenis Kertas yang biasa dipakai percetakan memiliki banyak ragam, dan masing masingnyapun memiliki karakteristik serta penggunaanya sendiri. Yuk simak ada jenis apa aja ya?

Jenis Jenis Kertas dan Kegunaanya

17 Des 20 11:21:13

KERTAS ART PAPER

Jenis kertas art paper merupakan kertas yang permukaannya mempunyai ciri licin dan mengkilap biasanya berwarna putih namun ada juga yang berwarna terang. Jenis kertas ini juga biasanya digunakan sebagai kertas foto.

Kertas ini tidak cocok sebagai media tulis, karena permukaannya yang licin tetapi dapat bekerja pada tinta printer.

Biasanya kertas ini digunakan sebagai cover buku, makalah, jenis kertas untuk undangan dan juga kalender. Gramasi yang paling sering digunakan yaitu 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150gr.

Kertas 3G Opaque

Salah satu produk transfer paper yang cukup populer adalah kertas 3G Jet Opaque. Kertas ini dapat digunakan pada printer inkjet rumahan berbasis tinta pigment atau tinta art paper. Hasil akhir dari kertas 3G Opaque ini  sangat halus dan lebih menyatu pada kain, tinta juga lebih cepat kering serta meresap dengan baik pada transfer paper, sehingga meminimalisir resiko kelunturan.

Kertas Sublime

Kertas jenis sublime ini biasa dipakai sebagai media transfer ke produk souvenir contohnya, topi, mug, piring kaos, dan lain-lain.  Kertas sublime ini sangat bagus digunakan untuk mentransfer tinta secara maksimal pada media, karena dapat menghasilkan  warna yang lebih colourful.

Kertas Buffalo – Linen

Kertas linen dan buffalo merupakan kertas yang hampir mirip atau sama. Ciri kertas jenis ini memiliki tekstur kertas yang cukup tebal dan mempunyai banyak jenis warna.

Tekstur gramasinya cukup tebal yakni 220 gr dan 250 gr, sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai cover buku, agenda atau nota.

Kertas HVS

Kertas jenis ini sering digunakan sebagai jenis kertas kerja serta fotokopi, kop surat, dan kertas untuk printer serta perlengkapan kantor.

HVS ini memiliki ciri tekstur permukaannya yang kasar dan berwarna putih, kertas ini juga dapat digunakan sebagai media tulisan tangan, baik menggunakan pulpen ataupun pensil. Gramasi yang digunakan yakni biasanya 80gsm dan 100gsm.

 NCR Paper

Kertas ini sering digunakan untuk kertas pada buku nota, kwitansi dan bukti transaksi lainnya. NCR hampir sama dengan kertas HVS, namun mempunyai banyak warna yang bermacam lain halnya dengan HVS yang hanya berwarna putih.

Kertas Ivory

Kertas ivory mempunyai tekstur yang hampir sama dengan art carton, akan tetapi kertas ini hanya mempunyai satu sisi licin, sedangkan sisi yang lain tanpa coating.

Biasanya kertas ivory sering digunakan sebagai paperbag dan dos kosmetik. Selain itu jenis kertas ini juga cocok jika digunakan sebagai poster, buku agenda dan kemasan produk makanan seperti box kebab dan paper tray.

Jenis kertas ivory memiliki gramasi yang sering digunakan yakni 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr dan memiliki karakteristik yang cukup tebal.

Art Carton

Jenis kertas ini hampir sama seperti halnya art paper, hanya saja yang membedakan yakni gramasinya yang lebih besar.

Art karton lebih sering digunakan sebagai media cetak seperti katalog, kartu nama, cro profile, brosur dan beberapa produk cetak lainnya yang memerlukan kertas tebal. Biasanya gramasi art carton yang sering digunakan, yakni 190 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr dan 360 gr.

 Kertas Kalkir

Selanjutnya, yakni kertas kalkir. Kertas ini sering digunakan sebagai media sablon, dengan warna yang tidak berwarna putih tetapi relatif gelap dan terlihat transparan seperti kertas yang tertimpa tumpahan minyak dan berukuran tipis.

 Kertas Duplex (Coated)

Kertas duplex sangat mudah dibedakan dibandingkan kertas lainnya, karena kertas ini mempunyai ciri dua sisi yang berbeda. Yaitu, bagian depan yang berwarna putih dan sisi bagian belakangnya berwarna abu-abu dan cenderung gelap.

Kertas jenis ini sering digunakan sebagai box makanan, karena harganya yang terbilang murah dibanding bahan lain. Gramasi duplex yakni 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

 Fancy Paper

Kertas fancy atau fancy paper merupakan jenis kertas yang mempunyai banyak ragam warna dan karakteristik. Berdasarkan corak dan cirinya fancy paper mempunyai tiga jenis, yaitu:


 

  • Fancy paper polos, fancy paper tekstur dan fancy paper vanguard.

     
  • Fancy paper sering digunakan sebagai media untuk paper cutting, kartu ucapan, scrapbook, kerajinan tangan, maket hias interior, arsitektur dan dan contoh material desain grafis.

     

 

Kertas Bontaks

Jenis kertas ini sering dipakai untuk mencetak stiker pada kemasan produk. Biasanya jenis kertas ini akan  dicetak menggunakan printer Inkjet serta memiliki  daya rekat yang tinggi.

 

 Kertas Concorde

Kertas yang sering digunakan sebagai sertifikat, proposal, piagam serta surat penting lainnya ini, mempunyai tekstur kasar sedikit halus, serta memiliki permukaan yang timbul seperti membentuk garis.

 Corugated Paper (Gelombang)

Berbeda dengan samson craft corrugated paper memiliki ciri yang bergelombang pada bagian tengahnya. Memiliki ketebalan yang tinggi serta berwarna coklat dan terlihat redup.

 

 Craft

Jenis yang satu ini memiliki ciri permukaannya yang kasar dan terlihat redup serta berwarna coklat. Kertas craft merupakan kertas yang diolah dari hasil daur ulang.

Kertas ini sering digunakan sebagai bahan untuk paper bag dan amplop surat. Gramasi yang dipakai 70 gr, 80 gr, 150 gr, dan 220 gr.

 Kertas BW/BC/Manila

Blues white atau kertas BW/BC merupakan jenis kertas yang karakteristiknya sama, hanya saja yang membedakannya, yakni kertas manila lebih banyak ragam warnanya.

Kertas ini sering digunakan untuk membuat kartu nama atau stopmap. Gramasi yang digunakan 10 gr, 160 gr, dan 250 gr.

 

 Board Paper

Biasanya berwarna coklat dan kuning serta mempunyai tekstur yang tebal dan sangat kaku. Tingkat ketebalan kertas ini bervariasi mulai dari 0,4 mm sampai yang paling tebal yakni 4,3 mm.

Board paper  sering digunakan sebagai cover buku atau sebagai papan pengumuman di sekolah dan juga di kantor.

 Jasmine Paper

Kertas jasmine identik dengan kartu undangan pernikahan, perusahaan cetak sering menggunakan nya sebagai bahan utama. Kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas di permukaan kertas. Kertas ini biasa digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan. Kertas ini banyak memiliki varian warna.

Kertas ini terkesan mewah karena memiliki butiran gliter di permukaannya sehingga cocok jika digunakan sebagai bahan untuk undangan. Selain itu kertas ini juga cocok jika dijadikan envelope perkantoran.

 Stiker Vinyl

Jenis kertas stiker vinyl ini merupakan hasil sintetis yang punya ciri licin, mengkilap, halus, lentur dan punya lapisan lem pada bagian belakang. Kertas ini tidak mudah sobek dan terkikis hujan. Biasanya sering  digunakan untuk bagian motor, mobil, helm, dan lainnya.

 Asturo

Asturo mempunyai warna yang berbeda di kedua sisinya, satu sisi berwarna putih sedangkan sisi yang lainnya bisa berwarna lain yang seragam. Bisa juga satu warna solid , tetapi ada juga yang berwarna gradasi.

Kertas ini biasanya sering digunakan untuk jilid buku,kerajinan tangan, majalah dinding, serta berbagai keperluan lainnya.

Standar dimensi ukuran kertas yang umum digunakan

Sebelum membawa materi cetak ke percetakan, sebaiknya pahami dulu dimensi kertas yang tersedia. Ukuran kertas di pasaran sudah mengikuti standar ISO yang terdiri dari ISO A, ISO B, ISO C, ISO D, ISO R, dan ISO F.

Di Indonesia, standar ISO yang digunakan adalah ISO A, ISO B, ISO C, ISO R dan ISO F. Dalam percetakan umumnya menggunakan ISO A seperti A6, A5, A4, dan lainnya.

 

 

 

 

KERTAS A0

Ukuran kertas A0 dalam mm adalah 841 x 1189 mm

Ukuran kertas A0 dalam cm adalah 84.1 x 118.9 cm

Ukuran kertas A0 dalam inchi adalah 33.11 x 46.81 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A0 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A0 dalam pixel (72 DPI) = 2384 x 3370 pixel

Ukuran kertas A0 dalam pixel (96 DPI) = 3179 x 4494 pixel

Ukuran kertas A0 dalam pixel (150 DPI) = 4967 x 7022 pixel

Ukuran kertas A0 dalam pixel (300 DPI) = 9933 x 14043 pixel

 

   
KERTAS A1

Ukuran kertas A1 dalam mm adalah 594 x 841 mm

Ukuran kertas A1 dalam cm adalah 59.4 x 84.1 cm

Ukuran kertas A1 dalam inchi adalah 23.39 x 33.11 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A1 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A1 dalam pixel (72 DPI) = 1684 x 2384 pixel

Ukuran kertas A1 dalam pixel (96 DPI) = 2245 x 3179 pixel

Ukuran kertas A1 dalam pixel (150 DPI) = 3508 x 4967 pixel

Ukuran kertas A1 dalam pixel (300 DPI) = 7016 x 9933 pixel

 

KERTAS A2

Ukuran kertas A2 dalam mm adalah 420 x 594 mm

Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 42.0 x 59.4 cm 

Ukuran kertas A2 dalam inchi adalah 16.54 x 23.39 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A2 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

Ukuran kertas A2 dalam pixel (72 DPI) = 1191 x 1684 pixel

Ukuran kertas A2 dalam pixel (96 DPI) = 1587 x 2245 pixel

Ukuran kertas A2 dalam pixel (150 DPI) = 2480 x 3508 pixel

Ukuran kertas A2 dalam pixel (300 DPI) = 4960 x 7016 pixel

Berbeda dengan ukuran kertas di perkantoran yang menggunakan ISO F, contohnya F4 atau lebih dikenal sebagai kertas folio dengan ukuran 210x330mm.

 

   
KERTAS A3

Ukuran kertas A3 dalam mm adalah 297 x 420 mm

Ukuran kertas A3 dalam cm adalah 29.7 x 42.0 cm

Ukuran kertas A3 dalam inchi adalah 11.69 x 16.54 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A3 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A3 dalam pixel (72 DPI) = 842 x 1191 pixel

Ukuran kertas A3 dalam pixel (96 DPI) = 1123 x 1587 pixel

Ukuran kertas A3 dalam pixel (150 DPI) = 1754 x 2480 pixel

Ukuran kertas A3 dalam pixel (300 DPI) = 3508 x 4960 pixel

 

   

KERTAS A4

Ukuran kertas A4 dalam mm adalah 210 x 297 mm

Ukuran kertas A4 dalam cm adalah 21.0 x 29.7 cm

Ukuran kertas A4 dalam inchi adalah 8.27 x 11.69 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A4 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A4 dalam pixel (72 DPI) = 595 x 842 pixel

Ukuran kertas A4 dalam pixel (96 DPI) = 794 x 1123 pixel

Ukuran kertas A4 dalam pixel (150 DPI) = 1240 x 1754 pixel

Ukuran kertas A4 dalam pixel (300 DPI) = 2480 x 3508 pixel

 

   
KERTAS A5

Ukuran kertas A5 dalam mm adalah 148 x 210 mm

Ukuran kertas A5 dalam cm adalah 14.8 x 21.0 cm

Ukuran kertas A5 dalam inchi adalah 5.83 x 8.27 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A5 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

Ukuran kertas A5 dalam pixel (72 DPI) = 420 x 595 pixel

Ukuran kertas A5 dalam pixel (96 DPI) = 559 x 794 pixel

Ukuran kertas A5 dalam pixel (150 DPI) = 874 x 1240 pixel

Ukuran kertas A5 dalam pixel (300 DPI) = 1748 x 2480 pixel

 

   
KERTAS A6

Ukuran kertas A6 dalam mm adalah 105 x 148 mm

Ukuran kertas A6 dalam cm adalah 10.5 x 14.8 cm

Ukuran kertas A6 dalam inchi adalah 4.13 x 5.83 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A6 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A6 dalam pixel (72 DPI) = 298 x 420 pixel

Ukuran kertas A6 dalam pixel (96 DPI) = 397 x 559 pixel

Ukuran kertas A6 dalam pixel (150 DPI) = 620 x 874 pixel

Ukuran kertas A6 dalam pixel (300 DPI) = 1240 x 1748 pixel

 

   
KERTAS A7

Ukuran kertas A7 dalam mm adalah 74 x 105 mm

Ukuran kertas A7 dalam cm adalah 7.4 x 10.5 cm

Ukuran kertas A7 dalam inchi adalah 2.91 x 4.13 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A7 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A7 dalam pixel (72 DPI) = 210 x 298 pixel

Ukuran kertas A7 dalam pixel (96 DPI) = 280 x 397 pixel

Ukuran kertas A7 dalam pixel (150 DPI) = 437 x 620 pixel

Ukuran kertas A7 dalam pixel (300 DPI) = 874 x 1240 pixel

 

   
KERTAS A8

Ukuran kertas A8 dalam mm adalah 52 x 74 mm

Ukuran kertas A8 dalam cm adalah 5.2 x 7.4 cm

Ukuran kertas A8 dalam inchi adalah 2.05 x 2.91 in

Untuk penggunaan desain grafis, ukuran kertas A8 menggunakan satuan pixel yang disesuaikan konfigurasi DPI (dots per in) yaitu jumlah titik warna setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan titik warna yang disebut pixel.

 

Ukuran kertas A8 dalam pixel (72 DPI) = 147 x 210 pixel

Ukuran kertas A8 dalam pixel (96 DPI) = 197 x 280 pixel

Ukuran kertas A8 dalam pixel (150 DPI) = 307 x 437 pixel

Ukuran kertas A8 dalam pixel (300 DPI) = 614 x 874 pixel

 

Sumber : https://jendralgaram .com/jenis-jenis-kertas/

https://www.advernesia .com/blog/ukuran-kertas/ukuran-kertas-a0-a1-a2-a3-a4-a5-a6-a7-a8-a9-a10/

 

UNDANGAN

Surat undangan; surat yang mengajak individu atau kelompok untuk menghadiri acara tertentu

 

Fungsinya

a. memberi tahu sebuah acara, baik tempat, waktu dan si pengundang acara tersebut

b. Sebagai media Silaturahim

c. Sebagai bentuk penghormatan

 

jenis-jenis kertas undangan yang harus Anda ketahui

 Kertas Jasmine

Jenis kertas undangan yang satu ini memiliki tekstur yang memiliki gliter. Biasanya jenis kertas ini yang digunakan setiap percetakan saat membuat undangan pernikahan. Jenis kertas yang satu ini tidak dapat melalui proses pencetakan. Jenis kertas jasmine hanya bisa menggunakan teknik emboss atau deboss. Nah karena jenis kertas yang satu ini cenderung sulit menyerap tinta, maka tidak direkomendasikan untuk melalui proses pencetakan dengan tinta, karena akan membutuhkan waktu lama dalam proses pengeringan.

Kertas Art Paper

Jenis kertas undangan seperti ini memiliki permukaan yang halus dan memiliki efek glossy. Selain dapat dibuat menjadi undangan, jenis kertas yang satu ini biasa digunakan untuk pembuatan kalender gantung. Namun berbeda dalam pembuatan undangan, jenis kertas ini dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut. Hasil undangan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

Kertas Art Carton

Jenis kertas yang satu ini, sama dengan art paper hanya saja yang membedakan adalah gramaturnya. Jenis kertas undangan art carton cenderung lebih tebal ketimbang art paper. Biasanya penggunaan art carton ini cenderung untuk product tag dan sejenisnya. Namun tidak jarang beberapa orang memilih art carton ini untuk dijadikan sebagai kertas pembuatan undangan.

 

Kertas Ivory

Merupakan jenis kertas undangan yang memadukan antara art paper, art carton, dan matt paper. Jenis kertas yang satu ini sangat bagus jika dipadukan dengan desain yang unik. Untuk itu, sangat cocok untuk dijadikan undangan pernikahan, dan tentunya dengan menampilkan desain yang unik.

 Kertas Matt Paper

Jenis kertas undangan yang satu ini, jika dilihat secara sekilas akan memiliki persamaan dengan art paper, namun jika dilihat lebih jelas jenis kertas yang satu ini memiliki perbedaan. Matt paper tidak memiliki warna yang glossy, dan lebih cepat menyerap tinta. Untuk itu jenis kertas yang satu ini lebih sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan.

 Tulip

Kertas ini memiliki nama lain yang unik. biasa disebut kertas kulit melon. Karena jenis kertas ini memiliki tekstur yang sangat mirip seperti kulit buah melon. Dengan tekstur yang sangat unik dan artistik ini, kertas tulip sering digunakan untuk mencetak undangan yang menengah ke atas. Hal ini dikarenakan kertas tulip memberikan kesan yang mewah, unik dan berkelas. Kertas jenis tulip ini tidak memiliki pilihan gramatur. Hanya ada 2 pilihan ketebalan. Yaitu yang tebal atau disebut karton. Dan yang satu lagi yang tipis. Namun jenis kertas ini memiliki banyak pilihan warna seperti kertas jasmin, ada warna pink, krem, putih, hijau, biru, dan lain-lain.

 Akasia

Kertas Akasia merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur seperti kain dengan garis-garis seperti membentuk tenunan. Kertas jenis ini sering digunakan dalam mencetak undangan, sertifikat, piagam hingga foto. Hindari mencetak warna blok pada kertas jenis ini, karena memang kertas Akasia ini sering kali meninggalkan debu seperti pasir akibat potongan kertas sehingga warna yang dihasilkan seperti bolong-bolong tidak solid. Namun disisi lain, undangan pernikahan yang menggunakan bahan ini akan terkesan mewah dan sangat menarik.

Hawai

Kertas Hawai sangat cocok untuk undangan pernikahan. Ada beberapa pilihan warna kertas. Namun yang paling populer adalah warna biru dongker dan merah maroon. Dua warna kertas hawai itulah yang sering digunakan dalam membuat kartu undangan, karena dinilai sebagai warna yang mempunyai karakter. Jenis kertas Hawai mempunyai tekstur kasar, bahkan saat diraba akan terasa lekukkan-lekukkan kecil beraturan. Untuk mendapatkan hasil cetak yang baik, biasanya impression pada mesin cetak ditambah supaya warna yang dihasilkan lebih solid. Undangan pernikahan dengan bahan Hawai bisa menampilkan hasil lebih berkualitas.

Kertas Concorde

 merupakan jenis kertas yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Ada 2 jenis Concorde, yakni Concorde tipis 120 gram dan Concorde Tebal 250 gram. Lazimnya, kertas ini digunakan untuk kop surat atau amplop (Concorde tipis) dan untuk kartu nama atau sertifikat (Concorde tebal). Namun kertas Concorde bila dijadikan bahan untuk undangan pernikahan bisa memberikan nuansa romantis. Biasanya Concorde tebal dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak saja (black or white). Sehingga kesan romantisnya tetap terjaga. Namun hati-hati, kertas Concorde tebal jika terlipat akan menyisakan luka pada teksturnya, bahkan terlihat patah-patah.

Proses cetak undangan :


 

  • Klien memberikan spesifikasi undangan yang diminta meliputi : jenis kertas, warna, jumlah pesanan dll.

     
  •    Percetakan memberikan detail sesuai permintaan klien berikut harga, jangka waktu pengerjaan.

     
  • Klien menawar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Setelah deal, maka masuk pada tahap persetujuan dan kontrak.

     
  • Divisi Desain/Setting menyiapkan layout, menginput data (foto, illustrasi, logo) yang diperlukan kemudian didesain sesuai permintaan klien atau klien mendesain sendiri.

     
  • Hasil proofing (cetakan sementara) sebagai patokan hasil yang akan dicetak dberikan kepada klien untuk direvisi. Biasanya klien melakukan beberapa pengecekan, baik dari segi desain maupun isi (misalnya ada yang salah ketik atau salah letak).

     
  • Klien memberikan koreksi seperlunya. Setelah selesai disetujui oleh klien, percetakan melanjutkan tahap finishing desain (Final Art).

     
  •  Hasil desain (FA) dibuat plat 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black) untuk dijadikan master film untuk pencetakan.

     
  • Tahap pencentakan dimulai dengan mesin cetak 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Beberapa percetakan juga menyediakan pencetakan lebih dari 4 warna, misalnya dengan tambahan warna khusus (Spot Color) untuk pencetakan logo yang akurat atau tinta tambahan seperti tinta emas dan lainnya.

     
  • Tahap finishing meliputi : pemotongan, rell ( membuat garis untuk lipatan ), penambahan accecories sesuai permintaan klien seperti penambahan warna emas, doff dll.

     
  • Tahap pengiriman hasil cetakan ke klien

 

https://medium .com/@percetakanmurahpasuruan/jenis-jenis-kertas-undangan-49272fc65751

https://mudahmenikah .wordpress .com/2009/10/20/proses-cetak-undangan/

 

©2018 Dexa Printing All right reserved   Developed by javwebnet