Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online
percetakan online, Percetakan terdekat, percetakan cimahi, percetakan sukabumi, cetak stiker online, cetak brosur online, cetak kalender online Jenis Jenis Coating Jneis Jenis Coating - Coating biasanya digunakan untuk beberapa fungsi, diantarantya Fungsi Perlindungan, Fungsi Produktifitas, Fungsi Penampilan.

Jenis Jenis Coating

17 Des 20 09:38:48

Jenis Coating - Dalam dunia percetakan terdapat pula kertas coated. Apabila hasil coating diaplikasikan pada kertas ini maka hasilnya akan lebih optimal karena permukaannya tidak keras namun juga tidak mudah menyerap air. Biasanya hasil cetak akan memiliki efek glossy atau mengkilap, satin (tidak mengkilap), dan doff (redup) setelah diberi coating.

coating memiliki beberapa fungsi yaitu:

 

  • Perlindungan – Coating melindungi permukaan hasil cetak dari gesekan. Selain itu Coating juga menawarkan berbagai fungsi seperti penahan cairan dan lemak (barrier) dan tahan terhadap suhu tinggi (heat resistance).
     
  • Produktivitas – Coating dilakukan dapat dilakukan dengan mesin berkecpatan tinggi sehingga prosesnya bisa dilakukan lebih cepat
     
  • Penampilan – Coating dapat membuat hasil cetak yang lebih menarik perhatian
     
  • Keamanan – Coating dapat mencegah tinta berpindah (bermigrasi) dan nyaris tidak berbau (low odour)

terdapat beberapa jenis coating, antara lain:

  1.    Varnish

Varnish merupakan jenis coating yang berupa cairan yang dituangkan di atas permukaan kertas melalui sebuah tempat penintaan baik secara inline (langsung pada mesin cetak) atau offline. Dengan coating menggunakan varnish, kertas yang dicetak umumnya menjadi berwarna kuning.

  1.  Laminating

Proses ini mungkin sudah  kita bahas pada artikel-artikel sebelumnya. Ternyata laminasi juga dikategorikan sebagai proses coating menggunakan lapisan berupa plastik yang transparan dan dilakukan menggunakan mesin laminating. Dengan laminasi, hasil cetak menjadi lebih awet dan terlihat lebih eksklusif.

  1.    Aqueous Coating

Aqueos coating, seperti namanya, Aqua berarti air. Coating ini berbahan dasar air (water based) dan mudah kering. Tujuan dari coating ini adalah agak permukaan hasil cetak tidak mudah tergores. Jenis coating ini cukup ramah lingkungan jika dibandingkan jenis coating lainnya. Untuk mengaplikasikan aqueos coating pada media cetak, sebaiknya dilakukan pada kertas yang tidak terlalu tipis sehingga tidak melengkung, basah, ataupun berubah warna menjadi kuning dalam waktu yang cukup lama.

  1.    UV Coating

UV Coating dilakukan dengan memberikan cairan bening yang dapat bereaksi langsung dengan sinar ultraviolet. Dengan coating ini, kita dapat memilih hasil akhir cetak yang kita inginkan, apakah kita menginkan hasil cetak yang glossy, doff, ataupun satin.

Sumber : https://blog.klikprint .co.id/mengenal-jenis-jenis-coating/#.XsIwsmgzbIU

 

©2018 Dexa Printing All right reserved   Developed by javwebnet